Mutiara Kata Hari Ini

Hari yang paling disia-siakan adalah hari saat kita tidak tertawaSebastian Roch Nicolas Chamfort.

13 Mei 2009

Orang Miskin Lebih Murah Hati

Kalo kemaren saya menulis berdasar pengalaman pribadi saya, pagi tadi saya dapat kiriman tulisan dari majalah Pilar. mengenai Orang Miskin itu ternyata lebih murah hati. selengkapnya ini tulisannya:

National Enquirer, sebuah majalah yang terbit di Florida mengadakan survei yang agak gila. Wayne Grover seorang reporter majalah itu menyamar menjadi orang miskin. NE kepingin tahu siapa diantara kedua kelompok itu yang lebih dermawan.

Hasilnya....? menakjubkan. dari 20 org kaya yang diminta sedekah oleh Wayne dikawasan elit palm beach, cuma satu yang memberi duit. itupun turis dari Chicago. sedangkan dari 20 pengangguran. Pengangguran brow.... yang menghampirinya, 13 diantaranya malah menawarkan mentraktirnya makan. Wayne turun kejalan dengan pakaian ala pengemis.
sepasang wanita yang berbusana mahal mendekatinya segera memalingkan muka malah diantaranya berkata; "kenapa tidak ada polisi yang dipanggil untuk meringkus orang ini?"

beralih ke sekelompom orang yang sedang berbelanja dia malah dibentak "jangan ganggu hai pengemis dekil, apa yang kamu cari di palm beach ini (kawasan orang kaya...)

belum puas dia menghampiri seorang wanita tua diantara kerumunan orang yang sedang berbelanja, langsung disambut hardikan, "cepat minngat dari sini.!" ketika mencoba mangkal didepan sebuah pusat perbelanjaan seorang malah menyebutnya binatang.
satu-satunya orang kaya yang mengulurkan tanganya kepada wayne adalah seorang pelancong dari Chicago, "orang itu memberi saya 35 sen. orang itu mengatakan kepada saya bahwa dia sedang berlibur dan tidak dapat memberi lebih karena kantongnya juga cekak."

Sebaliknya saat Wayne menggelandang kekantor-kantor penempatan tenaga, tempat para pengangguran berkumpul mencari lowongan. mula-mula ia menghampiri seorang lelaki tua, diluar dugaanya, pak gaek itu tersenyum dan berkata kepadanya "saya sudah delapan bulan kena PHK dan belum punya penghasilan. uang saya tinggal 6 dolar" kemudian pak tua itu merogoh koceknya dan memberikan 1 dolar kepada wayne. Tentu saja Wayne mengembalikan uang itu sembari berkata kalau ia sedang melakukan riset.

Ketika menghampiri seorang wanita hitam yang sedang menggendong anaknya ia malah diberi dua keping uang logam sambil wanita itu berkata " kita ini senasib"

ketika wayne mencegat sepasang muda-mudi yang baru keluar dari sebuah kantor, lelaki itu malah mengajaknya makan. "kami akan ke MC Donald ayo kita sama-sama kesana, akan kami traktir."
Mengenang pengalaman itu Wayne berpikir gundah; "saya memeti pengalaman yang sangat berharga, yaitu orang miskin lebih murah hati ketimbang orang kaya"

hehehehhehe.... itu kan dia Amrik sana, kalo diindonesia gimana...? Dulu ada acara relity show di sebua stasiun TV swasta... Tolong..... anda tahu yang biasanya mengulurkan tangan adalah mereka yang kecil dan miskin.

fakta lain.... Kalau kita sedang berada dijalanan kota.... dan ada pengemis atau pengamen mendekati mobil atau kendaraan kita kita pasi akan cepat-cepat melambaikan tangan kita. isyarat kalau kita tidak akan memberi itu kasarnya.... halusnya tidak ada uang receh.... gak apa-apa kan kalau lembaran? (Pilar edisi Agustus-september 2008)

10 komentar:

  1. aku setuju banget, biasanya emang orang bawah lebih solider dari orang kaya

    BalasHapus
  2. sebenarnya bukan masalah kaya atau miskin tetapi seberapa hatinya mau berbagi untuk orang lain...

    BalasHapus
  3. kita lebih sering melihat seseorang dari luarnya, dari apa yg dikenakan..
    seringkali merendahkan orang2 yg menurut ukuran kita : gembel, pengemis, dst.
    dan kita akan kagum jika melihat orang2 yg mengenakan segala sesuatu yang 'wah'..
    satu pelajaran penting dan sangat bagus diberikan oleh Wayne Grover.

    Thanks ya for sharing this article..

    BalasHapus
  4. Setuuuuju..hehe..!
    Beneran kok,Mell pun banyak melihat,justru mereka yg biasa2 saja justru yg lebih baik dan banyak menolong..!
    Nice artikel sobat..satu pelajaran buat kita2 juga.

    BalasHapus
  5. yup,saya juga berpikiran seperti itu..orang kaya hanya akan membantu orang kaya lainnya saja,karena ada harapan dia akan mendapatkan hasil dari apa yang telah dia berikan..berbeda dengan orang miskin,biasanya lebih tulus jika dia mempunyai kesempatan memberi kepada orang lain..
    I think..This is Good Article ,thanks

    BalasHapus
  6. benerrrr...
    yg kaya makin kaya...
    yg miskin makin miskin...
    loh gak nyambung yaa...
    kabooorrrr.....

    BalasHapus
  7. Tapi yg kaya juga banyak yg dermawan kok. Bukan masalah kaya atau miskin,tapi adakah keinginan untuk mau berbagi dg sesama..

    BalasHapus
  8. artikel yg menarik bro,,

    btw,,simak & komen ditempatku ya??
    thx

    BalasHapus
  9. kalau begitu yang lebih kaya siapa ya?

    BalasHapus
  10. Jangan2 mereka adalah orang miskin yang lagi nyamar jadi orang kaya. Dan yang miskin adalah orang kaya yang sedang nyamar juga!!!! hukhukhuk

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda disini.
Komentar yang tidak sesuai dengan isi topik pembicaraan dan yang berbau sara serta menyerang pihak lain akan dihapus. Saya akan mengunjungi anda kembali.... Terima kasih.